10 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

Lemon adalah buah yang populer dalam kuliner karena dapat membantu menonjolkan rasa dan memberi sentuhan khusus pada hidangan.

Namun menurut kepercayaan, buah ini juga bisa memberikan banyak nutrisi.

Disebutkan juga bahwa lemon memiliki manfaat bagi tubuh dalam banyak hal, karena ini adalah buah yang kaya antioksidan.

Inilah sebabnya mengapa beberapa orang minum air lemon secara teratur sebagai bagian dari makanan mereka.

Di bawah ini, kami akan memberi tahu Anda lebih banyak tentang lemon, dari mana asalnya, nilai gizinya, dan kontribusi kesehatannya.

Apa Itu Lemon dan Mengapa Kita Harus Mengonsumsinya?

Seperti yang diketahui semua orang, lemon adalah bagian dari keluarga jeruk. Pohon lemon berasal dari Asia dan menyebar ke Eropa dan Amerika setelah para penjelajah lepas landas sekitar abad ke-17.

Menurut data dari Spanish Nutrition Foundation (FEN), lemon terutama mengandung vitamin C, asam organik, dan flavonoid, serta sejumlah kecil vitamin dan mineral lainnya.

Lemon juga mengandung serat larut seperti pektin (ditemukan terutama di lapisan putih di bawah kulit kayu).

Manfaat utamanya terkait dengan antioksidannya, yang membantu seluruh tubuh tetap sehat, karena mengurangi stres oksidatif.

Para ahli dari The 5 a day Association state menyatakan bahwa “Kandungan vitamin C, konsentrasi antioksidan yang tinggi, dan bahkan kemungkinan sifat bakterisida dalam hidangan mentah tertentu (seperti ikan) menjadikannya buah yang sangat direkomendasikan sebagai bagian dari diet sehat” .

Lihat Juga:

Apa Manfaat Lemon Untuk Kesehatan?

Lemon mengandung banyak vitamin dan mineral yang akan membuat tubuh Anda lebih kuat dan sehat. Di bawah ini, kami akan menunjukkan kepada Anda apa saja Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Tubuh Kita.

1. Lemon Adalah Sumber Vitamin C

Buah jeruk kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan penting. Vitamin C membantu melindungi sel-sel tubuh Anda dari penuaan dini dan degenerasi. Selain itu, vitamin mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan masuk angin, seperti flu.
Menurut Live Strong, jus dari satu lemon (2 sendok makan) mengandung 12,9 miligram Vitamin C, yang kira-kira 20% untuk kebutuhan harian yang direkomendasikan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat.
Dengan menambahkan dua sendok makan jus segar dan segar ke dalam rutinitas pagi Anda, Anda akan terbebas dari asupan vitamin C penting untuk hari itu. 
Anda perlu menggunakan lemon segar, makanan asli, dan memasukkan daging buahnya dan sedikit kulit ke dalam makanan Anda.
Itu tidak dapat ditukar dengan varietas botol yang dilengkapi dengan aditif yang tidak Anda butuhkan
Vitamin C telah dikenal untuk mengurangi peradangan kronis. Peradangan kronis dapat menyebabkan penambahan berat badan, kelelahan, masalah pencernaan, dan kanker.
Antioksidan tersebut dapat mengurangi peradangan dan menjadi salah satu kunci untuk hidup panjang dan sehat.

2. Mengandung Vitamin B, Folat, dan Thiamin

Lemon tidak hanya digunakan untuk menambahkan rasa asam pada makanan Anda, Akan tetapi lemon juga mengandung Vitamin B termasuk Vitamin B 6, Folat, dan Thiamin. Selain itu, lemon mengandung sedikit kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor.

3. Memperbaiki Kulit

Vitamin C, dan vitamin lainnya, membantu mengurangi kerutan dan flek akibat paparan sinar matahari. Jus sitrat membantu tubuh menyerap lebih banyak air, itulah sebabnya Anda akan melihat bahwa kulit Anda lebih terhidrasi.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Anda dapat menambahkan makanan tertentu ke dalam makanan Anda yang akan membantu mengurangi berat badan. Komponen lemon dan vitamin C dapat membantu metabolisme lemak.
Seiring dengan diet seimbang dan olahraga teratur, Lemon bisa membantu  menurunkan berat badan Anda.
Seperti sebuah penelitian di the medical journal Advances in Nutrition menyebutkan, kandungan flavanol yang dikandung buah ini, khususnya naringin dan naringenin, bermanfaat dalam pengobatan obesitas dan gangguan metabolisme lainnya.
Namun, belum cukup bukti yang membuktikan dan memverifikasi efek ini. Meskipun demikian, mengonsumsi lemon sebagai bagian dari diet harian Anda bisa menjadi cara yang baik untuk melawan kelebihan berat badan atau obesitas.

5. Melancarkan Pencernaan

Banyak orang minum jus lemon sebagai pencahar atau sebagai tindakan pencegahan sembelit. Lemon membantu mengatur pencernaan Anda, sehingga membuat fungsi tubuh Anda lebih baik secara keseluruhan.

6. Membuat Nafas Segar

Jika Anda makan lemon setelah makan, lemon akan membantu menjaga napas Anda tetap segar. Lemon menghilangkan segala jenis bau yang tertinggal di mulut Anda setelah makan.
Hal ini terutama terjadi pada kasus hidangan berbumbu berat.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Anda Merasa kurang sehat? Ambil secangkir! Lemon memiliki kandungan Vitamin C dan kalium. Vitamin C dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kalium untuk membantu mengontrol tekanan darah.

8. Membersihkan Racun dalam Tubuh

Menurut Ayurveda, lemon kaya akan mineral dan vitamin yang membantu melonggarkan racun di saluran pencernaan, memberi Anda pembersihan harian yang lembut. Sehingga dapat membantu buang air besar, menjaga ginjal dan saluran kemih Anda bekerja secara optimal, dan merasa lebih ringan.

9. Mengobati Anemia

Vitamin C yang terkandung pada lemon bisa meningkatkan proses penyerapan zat besi dari makanan nabati yang membuat lemon dapat mengobati anemia.
Hal ini terjadi karena usus Anda lebih gampang menyerap zat besi dari sumber hewani ketimbang sumber nabati. Vitamin C dalam lemon dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi secara keseluruhan.

10. Membantu Mengobati Batu Ginjal

Lemon mengandung sitrat, yaitu bahan kimia yang mampu mencegah pembentukan batu ginjal. Sitrat juga memecah batu yang lebih besar dan memungkinkannya keluar dengan mudah melalui urin.
Dalam sebuah penelitian, meminum empat ons jus lemon yang dilarutkan dalam dua liter air setiap hari dipercaya mampu menurunkan laju pembentukan batu.
Hal ini terjadi karena sitrat mengikat kalsium dan menghalangi pembentukan batu ginjal.

Kesimpulan

Ternya banyak sekali manfaat lemon untuk kesehatan tubuh. Selain 10 manfaat lemon untuk kesehatan tubuh diatas, lemon juga dipercaya mampu memudarkan stretch mark, memutihkan ketiak, menjaga hati tetap sehat yang tentu saja karena vitamin c yang dimilikinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.