Tips Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak

Tips Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak

Semua orang tua ingin anaknya menyelesaikan pendidikan sampai perguruan tinggi. Itu tidak murah, Orang Tua butuh uang. Meskipun Orang Tua memilih untuk merencanakan sekolah umum untuk anak. 
Sebab, selama bersekolah, anak-anak pasti membutuhkan seragam, biaya latihan, dan lain-lain. Untuk ini, Orang Tua pasti membutuhkan banyak uang untuk menyekolahkan anak-anaknya. 
Apabila Orang Tua memiliki situasi keuangan yang sangat baik, mungkin tidak sulit untuk melewati periode ini.
Namun, seperti yang Anda ketahui, roda kehidupan selalu berubah dan mempengaruhi siklus hidup. Baik dalam masalah ekonomi, sosial, lingkungan dan kehidupan lainnya. 
Untuk itu, Orang Tua disarankan untuk berinvestasi dalam pendidikan untuk menghindari risiko anak-anak mereka putus sekolah karena kondisi ekonomi di masa depan. 
Dengan berinvestasi dalam Asuransi Pendidikan, Orang Tua dapat merasa sedikit lebih aman tentang pendidikan anak-anak mereka di masa depan. Tidak perlu khawatir menghabiskan terlalu banyak uang sekaligus. 
Namun, Anda perlu memahami bahwa asuransi pendidikan bukanlah tabungan pendidikan. Dalam asuransi pendidikan, Orang Tua membayar premi tertentu kepada perusahaan asuransi. Kemudian uang akan dikelola dalam investasi yang terpercaya.
Namun, seperti yang kita ketahui, investasi selalu naik turun. Jadi Orang Tua mungkin bingung dalam menentukan asuransi pendidikan. 

Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak

Oleh karena itu, memilih asuransi pendidikan anak tidak boleh sembarangan. Lihat Berikut ini terkait dengan 6 Tips memilih asuransi pendidikan untuk anak. Rencanakan pendidikan terbaik untuk ibu dan anak di masa depan!

1. Buat Rencana

Tips memilih asuransi pendidikan untuk anak yang pertama adalah menyiapkan rencana pendidikan yang matang untuk anak-anak. Dengan perencanaan yang jelas, Orang Tua tidak akan bingung dalam memilih asuransi pendidikan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan ayah dan ibu saat membuat rencana pendidikan anak adalah sekolah, tahun masuk sekolah, lokasi sekolah dan hal-hal lain yang berkaitan dengan biaya pendidikan.

2. Tentukan jumlah uang sesuai target pendidikan

Langkah selanjutnya yang harus Orang Tua lakukan adalah melakukan penelitian terkait biaya pendidikan di setiap jenjang pendidikan. 
Biaya sekolah ini meliputi biaya gedung sekolah, biaya bulanan yang harus dibayarkan ke sekolah, seragam, biaya transportasi dan biaya terkait sekolah lainnya.
Namun, Orang Tua perlu memahami bahwa pengeluaran saat ini bisa berbeda dengan pengeluaran di masa depan. 
Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan rata-rata biaya pendidikan di Indonesia meningkat 10-15 persen per tahun. 
Untuk itu, jangan lupa untuk menambahkan kenaikan ini saat memperkirakan biaya sekolah anak di masa depan. 
Jika Anda sudah mengetahui target mengenai besaran biaya pendidikan, Anda bisa memilih jenis asuransi pendidikan yang dikendaki. Saat memilih asuransi, konsultasikan dulu dengan agen asuransi untuk memperhatikan biayanya.

3. Kenali perusahaan dan bandingkan produknya

Sekarang setelah Anda tahu berapa banyak yang akan Anda bayarkan setiap bulan untuk asuransi pendidikan anak, saatnya Orang Tua memutuskan perusahaan asuransi.
Ada banyak perusahaan yang menyediakan asuransi pendidikan di Indonesia. Namun, jangan sampai salah pilih. Orang Tua harus melihat kekuatan keuangan perusahaan, aset dan kewajiban serta kualitas tenaga kerja di perusahaan asuransi. 
Anda bisa melihat sejarah masing-masing perusahaan untuk dijadikan acuan dalam memilih perusahaan asuransi. Mengenai Tips Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak ini dapat ditemukan melalui website, media sosial, berita, penghargaan dan sebagainya. 

4. Pilih asuransi pendidikan sesuai budget Anda

Setiap perusahaan asuransi pendidikan memiliki premi yang berbeda-beda. Premi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulan oleh anggota peserta asuransi.
Untuk itu, saat memilih perusahaan asuransi sekolah, sebaiknya Orang Tua menyesuaikan premi yang ditawarkan perusahaan dengan kondisi keuangan mereka saat ini. 
Jangan biarkan Orang Tua terbebani oleh premi yang melampaui batas ekonomi. Karena hal ini menyulitkan Orang Tua untuk membayar premi setiap bulan dan bisa jadi sulit untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.
Lihat Juga:

5. Pilih produk yang fleksibel

Sebaiknya Orang tua memilih asuransi pendidikan fleksibel yang bisa diklaim kapan saja untuk memenuhi kebutuhan pendidikan.
Untuk itu, pastikan Anda melakukan perhitungan yang tepat agar tidak ada biaya saat mereka mengajukan asuransi. Anda bisa mendapatkan informasi dan mengetahuinya melalui agen asuransi.

6. Mengetahui manfaat tambahan dari produk asuransi yang ditawarkan

Produk asuransi memiliki keunggulan tersendiri. Oleh karena itu, sebelum memilih produk asuransi yang tepat, sebaiknya Orang Tua mempertimbangkan manfaat apa saja yang mereka dapatkan ketika menjadi nasabah asuransi.
Beberapa manfaat yang tersedia dalam asuransi adalah perlindungan jiwa, kesehatan dan lain-lain. Namun, pastikan bahwa prioritas utama Orang Tua tetap pendidikan anak-anak mereka.

Penutup

Demikianlah Tips Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak. Dengan memahami apa saja yang mesti diperlukan semoga Anda tidak salah dalam memilih perusahaan asuransi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *