Pengertian Sinonim dan Contoh Kalimat yang Mengandung Kata Bersinonim

Pengertian Sinonim dan Contoh Kalimat yang Mengandung Kata Bersinonim
Pada postingan ini Admin akan berbagi materi tentang Pengertian Sinonim, Pentingnya Sinonim, Bagian-Bagian Sinonim serta Contoh Kalimat yang Mengandung Kata Bersinonim.

Baiklah langsung saja silahkan baca postingan ini hingga akhir !!

Pengertian Sinonim

Apa itu Sinonim ? Sinonim atau dalam bahasa inggris synonym (sin – uh-nim) adalah suatu kata yang memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip.

Istilah sinonim sendiri berasal dari kombinasi bahasa Yunani Kuno, yaitu syn (Yang berarti) dan onoma (Nama). Selain itu Sinonim juga dikenal dengan sebutan persamaan makna atau padanan kata dan juga lawan dari Antonim .

Jadi ketika kita menemukan atau mendapati kata atau frasa berbeda namun memiliki makna yang sama, kita akan menyebutnya sebagai Sinonim karena memiliki keterkaitan satu sama lain.

Sinonim muncul dalam bahasa dalam konteks yang berbeda, seperti bahasa formal dan informal, misalnya pemilihan kata yang akan Anda gunakan dalam percakapan dan saat membuat proposal bisnis atau makalah pendidikan tentunya akan berbeda. 

Tanpa di sadari, kita pasti telah menggunakan Sinonim dalam percakapan sehari-hari seperti saat menyebutkan kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan, dan sebagainya. 

Mengetahui banyak persamaan kata akan sangat bermanfaat, salah satunya adalah menambah perbendaharaan kata yang nantinya bisa kita gunakan dalam membuat teks pidato, karya tulis ilmiah ataupun artikel supaya tidak terlalu banyak mengulang kata dalam satu paragraf.

Pentingnya Penggunaan Sinonim

Karena pemilihan penggunaan kata adalah segalanya dalam bahasa (mungkin bagian paling penting!), membuat pentingnya sinonim tidak dapat diukur. Sinonim membuat bahasa lebih menarik, lebih bermakna, dan lebih relevan. Mereka memiliki peran sentral yang sangat besar dalam pemilihan kata untuk prosa dan puisi.

Cara kata-kata dipilih dan digunakan sering kali merupakan definisi dari sebuah karya sastra; jadi, sinonim memungkinkan semua penulis untuk mengembangkan gaya dan suaranya sendiri saat membuat karya mereka. Alasan utama lainnya menggunakan sinonim adalah karena kata-kata sering memiliki arti yang sama tetapi memiliki konotasi yang berbeda (arti tersirat dari sebuah kata).

Bayangkan seperti apa menulis, membaca, dan berbicara jika hanya ada satu kata untuk semuanya! Bahasa akan membosankan, dan tidak akan ada ruang untuk kreativitas.

Misalnya, Anda dapat mengatakan “aroma sup ada di udara”, yang membuatnya terdengar enak, tetapi “bau sup ada di udara” membuatnya terdengar tidak enak. Jadi, seorang penulis memilih sinonim berdasarkan konotasi positif, negatif, atau netralnya. Ini membantu penulis mengatakan apa yang mereka maksud, dan bagaimana mereka bersungguh-sungguh.

Lebih jauh, Sinonim sendiri dibagi menjadi tiga bagian yakni: 

Tiga Bagian Sinonim

Sinonim Absolut : Adalah Relasi arti dari dua kata atau lebih yang sama pada semua konteks. Di dalam sebuah bahasa, kata yang bersinonim absolut umumnya jarang ditemukan.

Sinonim Proporsional : Merupakan Relasi arti dari 2 kata atau lebih yang bisa bersubsitusi dengan beberapa ekspresi tanpa menimbulkan perbedaan arti. Dalam sinonim proporsional ini, perbedaan ada pada tingkat makna ekspresif, stylistik dan juga medan pembicaraan seperti suami dan laki, kamu dan anda, buat dan bikin.

Sinonim Dekat : Yaitu Relasi arti antara 2 kata atau lebih yang sebagian kata memiliki arti sama seperti besar dan luar biasa, cantik dan ayu, buta dan rabun. 

30 Contoh Kalimat yang Mengandung Kata Bersinonim

Untuk memudahkan kamu, Admin juga telah menebalkan/membold kata yang memiliki persamaan arti di setiap akhir Contoh Kalimat yang Mengandung Kata Bersinonim yang Admin bagikan di bawah ini.

  1. Rasanya sangat Senang bisa bertemu dengan semua keluarga di hari raya Idul Fitri ini. Senang = Bahagia.
  2. Yadi sangat ulet dalam Belajar. Ulet = Tekun
  3. Pak Guru sangat menyukai Alex, karena dia adalah anak yang Rajin belajar. Rajin = Giat.
  4. Wanita itu mempunyai Paras yang Cantik. Paras = Wajah
  5. Padahal ini adalah soal ujian yang mudah, Tapi karena Agus Malas belajar, dia tidak bisa menjawabnya Malas = Culas.
  6. Semua ucapan yang keluar dari mulutnya hanyalah Dusta semata. Dusta = Bohong
  7. Saat berlibur ke kota Bandung, Saya melihat banyak pemandangan Menakjubkan yang menyegarkan mata. Menakjubkan = Mengagumkan.
  8. Sedikit Bicara banyak Bekerja. Bicara = Ngomong
  9. Rasanya Sulit sekali untuk dapat melupakan kenangan indah yang telah kita lalui saat bersama dulu. Sulit = Susah.
  10. Nabi Muhammad SAW Memiliki Akhlak yang Mulia. Memiliki = Mempunyai
  11. Walaupun negara indonesia terdiri dari Beragam suku, bahasa, dan budaya akan tetapi negaranya sangat damai. Beragam = Bermacam-Macam.
  12. Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua adalah Semboyan Negara Indonesia. Semboyan = Slogan
  13. Setelah Neneknya meninggal, Devi tidak lagi berani tidur sendirian pasalnya banyak hal Ganjil yang terjadi di rumahnya. Ganjil = Aneh.
  14. Karena memiliki rasa yang Nikmat, Odading Mang Oleh selalu laris terjual. Laris = laku
  15. Jangan Sombong dengan apa yang kamu miliki saat ini, karena itu hanyalah titipan dari yang Maha Pemberi. Sombong = Congkak.
  16. Hari ini, sebagian Area di Indonesia bersuhu 36 derajat selsius. Area = Wilayah
  17. Ibuku orangnya Lucu, Beliau sering membuat Aku dan Adikku tertawa terbahak-bahak. Lucu = Kocak. 
  18. Awalnya tidak ada yang Mengira bahwa Asep adalah Atlit Silat. Mengira = Menyangka
  19. Paus Adalah kelompok mamalia yang hidup di lautan. Adalah = Merupakan
  20. Setelah Albert Einstein mengemukakan teori relativitas, Namanya menjadi Terkenal ke seluruh dunia. Terkenal = Termasyhur.
  21. Debat adalah salah satu metode pembelajaran yang sangat penting dan berguna untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa. Metode = Cara.
  22. Pemerintah pusat siap mengeluarkan anggaran dana sebesar Rp 123,5 miliar guna menata Wilayah kumuh di Kota Bandung. Wilayah = Kawasan.
  23. Truk Terguling, Ikan Lele Berserakan di Jalan Tol Tangerang. Berserakan = Berhamburan.
  24. Jika Ingin sukses maka kamu harus berkerja keras, jangan mudah menyerah dan berdoa kepada tuhan supaya terwujud. Ingin = Mau.
  25.  Pak Jajang membeli motor baru secara Tunai. Tunai = Kontan
  26. Akhirnya setelah menabung sebesar Rp. 10.000 setiap hari selama setahun, hari ini Aku Dapat membeli Play Station yang aku inginkan. Dapat = Bisa.
  27. Indonesia adalah sebuah Bangsa yang besar. Bangsa = Negara
  28. Ahmad Dhani dikenal sebagai sosok yang hobi mengoleksi barang Antik. Antik = Kuno
  29. Andre Taulany dikenal sebagai artis yang Gemar mengoleksi mobil mewah. Gemar = Hobi
  30. Pamanku tiba dirumah pukul 15.00 WIB dari Papua. Tiba = Sampai

Penutup

Itulah Artikel tentang Pengertian Sinonim, Pentingya Sinonim, dan Bagian Sinonim serta Contoh Kalimat yang Mengandung Kata Bersinonim yang dapat Admin tulis. Jika terdapat banyak kekurangan dalam postingan ini Admin mohon maaf dan semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.