170+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

170+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Pada postingan ini Andronezia akan membagikan Template Contoh Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar yang bisa Anda download dalam format Microsoft Word maupun PDF di bawah ini.

Surat Lamaran Kerja adalah dokumen yang dikirim bersama resume Anda untuk memberikan informasi tambahan tentang keahlian, pengalaman dan biasanya memberikan informasi terperinci tentang mengapa Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan yang Anda lamar. 
Supaya bisa menarik minat dan juga memberikan kesan yang baik bagi para recruiter atau HRD, Kita tidak boleh asal-asalan dalam membuat Surat Lamaran Kerja. Karena ini merupakan salah satu dari dua berkas penting selain Curriculum Vitae (CV) yang bisa memperbesar peluang bagi para pelamar untuk dipanggil melakukan wawancara kerja.

Sebelum tahu Cara Membuat Surat Lamaran Yang Baik dan Benar, pastikan telah mempersiapkan arsip tambahan untuk ditambahkan dalam Surat Lamaran Kerja Anda.

Sebetulnya tiap Human Resources Development bisa juga meminta berkas-berkas yang berbeda. Akan tetapi pada biasanya berikut ini ialah yang harus dipersiapkan.

  • Curriculum Vitae
  • Foto ukuran 3 x 4
  • Fotokopi KTP
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotokopi Ijazah terakhir
  • Fotokopi SKCK
  • Fotokopi surat pengalaman kerja
  • Sertifikat

Karenanya, pastikan berkas penunjang telah Anda persiapkan mengikuti menurut syarat yang sudah diberitakan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Surat lamaran kerja yang baik dan benar haruslah efektif. Maksudnya adalah bisa menyampaikan alasan ketertarikan Anda pada organisasi tertentu dan menjelaskan keahlian atau pengalaman Anda yang paling relevan. 
Selain itu, Surat lamaran kerja yang baik dan benar pun harus mampu memberi tahu perusahaan tentang posisi apa yang Anda lamar dan juga mengapa mereka harus memilih Anda untuk wawancara, dan bagaimana Anda akan menindaklanjutinya. 
Kemudian karena sifatnya yang resmi, maka Kita juga harus menerapkan kaidah memakai kata baku, terstruktur, pemilihan kata (diksi), kalimat yang jelas, hubungan antarkalimat, sampai EYD-nya pun harus diperhatikan.
Saat menulis surat lamaran kerja, Pastikan Anda menyertakan bagian-bagian penting ini, yaitu: 
  1. Utarakan secara spesifik posisi apa yang ingin Anda lamar atau minati.
  2. Jelaskan mengapa Anda melamar di posisi tersebut secara jelas dan tidak bertele-tele.
  3. Berikan alasan mengapa Anda merasa pantas atau memenuhi syarat untuk posisi yang Anda lamar. misalnya, tujuan, pengalaman, kualifikasi atau pencapaian Anda, sifat positif, dan sebagainya).
  4. Utarakan apa yang ingin Anda capai dengan mengirimkan surat Anda dan tindakan yang Anda ingin penerima lakukan.
  5. Sertakan dokumen pendukung dalam surat Anda, seperti aplikasi atau formulir lain, surat rekomendasi, resume, contoh pekerjaan Anda, dan lain-lain.
  6. Sertakan permintaan untuk informasi apa pun yang ingin Anda kirimkan, jika berlaku.
  7. Cantumkan informasi kontak Anda, seperti alamat email atau nomor telepon yang paling mudah dihubungi dan kapan waktu Anda siap untuk dihubungi, dan lain-lain.
  8. Tutup surat Anda dengan mengucapkan terima kasih yang tulus kepada orang tersebut atas waktunya atau atas bantuan apa pun yang dapat ia berikan kepada Anda.

Struktur Surat Lamaran Kerja

Aturan tentang cara membuat surat lamaran kerja sudah ada sistematika penulisannya. Jadi semuanya memiliki struktur yang sama. Yang membedakan hanya nama perusahaan dan juga posisi yang dituju. 
Berikut ini penjelasan Struktur Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar:

Tempat dan tanggal pembuatan surat

Surat lamaran kerja harus di awali dengan Tempat dan tanggal pembuatan surat. tujuannya supaya penerima bisa mengetahui kapan dan di mana surat lamaran dibuat. Untuk letaknya biasanya berada di pojok kanan atas. misalnya:
Bandung, 15 Maret 2022

Lampiran dan hal

Karena Pelamar harus menyertakan berbagai lampiran seperti data diri dan kualifikasi pelamar pada Surat lamaran kerja, maka Anda dapat menulisnya seperti di bawah ini pada bagian kiri bawah Tempat dan tanggal pembuatan surat:
Lampiran       : Dua lembar (Tergantung banyaknya dokumen)
Hal                  : Lamaran Pekerjaan
Pastikan juga Anda tidak menyingkat kata Lampiran menjadi “lamp” supaya Kaidah Kebahasaan tetap terjaga.

Alamat Perusahaan yang Dituju

Selanjutnya yang harus Anda tulis adalah Alamat Perusahaan yang dituju letaknya di bagian bawah sebelah kiri setelah Lampiran dan hal. Contohnya:
Yth. Manajemen PT. Andronezia
Jalan inajadulu nomor 90, Arcamanik
Bandung

Salam Pembuka

Setelah itu, mulailah dengan menulis Salam dan pembuka surat. Hindari penggunaan salam umum, seperti “Kepada siapa yang berkepentingan”. Tapi gunakanlah kalimat “Dengan hormat,” supaya formal. Misalnya:
Tanpa Lowongan Kerja
Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran menjadi Staf Marketing pada PT. Andronezia.
Ada Lowongan Kerja
Dengan Hormat,
Sehubungan dengan adanya informasi mengenai lowongan pekerjaan di PT Andronezia untuk posisi Staf Marketing.
Lowongan Online Tanpa Posisi

Dengan Hormat,
Berdasarkan kebutuhan yang tercantum dalam lowongan pekerjaan yang saya peroleh melalui internet, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran. 

Paragraf Pembuka

Pada paragraf pembuka ini Anda harus dapat menyampaikan maksud Anda dan mengapa Anda yakin bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Jaga agar nada Anda tetap antusias dan tunjukkan contoh spesifik keterampilan atau riwayat kerja Anda sebagai “pengait” untuk menarik perhatian recruiter. 
Contohnya seperti berikut ini:
Fresh Graduate
Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi yang dimuat di internet, saya bermaksud mengajukan permohonan kerja untuk mengisi posisi sebagai Staf Marketing. saya siap untuk bekerja keras dan memiliki kualifikasi yang relevan, karena saya baru saja lulus dari Jurusan Manajemen Marketing. 
Berpengalaman

Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan untuk posisi pemasaran yang saya dapatkan di surat kabar Sindonews edisi 15 Maret 2022, saya bermaksud mengajukan permohonan kerja untuk mengisi posisi sebagai Staff Marketing. Saya berpengalaman di posisi Staf Marketing selama 6 tahun, memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang fasih, dan bisa bekerja secara mandiri maupun tim.

Isi Surat

Bagian isi surat di isi dengan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon/HP, e-mail, serta pendidikan terakhir pelamar.
Selain itu jabarkan juga kemampuan terbaik Anda dan bagaimana Anda dapat berkontribusi pada kesuksesan perusahaan. Buktikan bahwa Anda telah menyelesaikan pekerjaan rumah Anda dan catat apa yang membuat Anda tertarik dengan bisnis, kebutuhan, dan keunggulan perusahaan. 
Berikan rincian tentang karir Anda dan keterampilan unik yang memberikan kedalaman dan detail lebih dari apa yang dapat dimasukkan dalam resume.
Jika Anda masih Fresh Graduate bisa di isi dengan pengalaman Anda berorganisasi selama masa sekolah dan kuliah 
Misalnya:
Berpengalaman
Saya yang bertanda tangan di bawah ini
Nama                                     : Ariel Dewinta Ayu Sekarini
Tempat, Tanggal Lahir        : Jakarta, 8 November 1996
Jenis Kelamin                      : Perempuan
Alamat Domisili                   : Jl. Cantik Gang 3, Kebayoran 
Email                                     : [email protected]
No. HP                                   : 081234567890
Saya berpengalaman di posisi Staf Marketing selama 6 tahun, memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang fasih, dan bisa bekerja secara mandiri maupun tim.
Fresh Graduate
Saya yang bertanda tangan di bawah ini
Nama                                 : Ariel Dewinta Ayu Sekarini
Tempat, Tanggal Lahir    : Jakarta, 8 November 1996
Jenis Kelamin                  : Perempuan
Alamat Domisili               : Jl. Cantik Gang 3, Kebayoran 
Email                                 : [email protected]
No. HP                               : 081234567891
Saya merupakan fresh graduate Sarjana Manajemen Pemasaran Universitas Surabaya. Semasa kuliah, saya aktif berorganisasi di Himpunan Mahasiswa Manajemen Pemasaran dan menjabat sebagai ketua Divisi Media Komunikasi dan Informasi. Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kreatif, dan dapat bekerja sama dalam tim.

Lampiran/syarat lamaran

Di bagian lampiran atau syarat lamaran, Anda bisa tulis dokumen-dokumen yang telah Anda lampirkan sebagai pendukung atau persyaratan pelamar.
Biasanya contoh penulisannya seperti ini:
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:
  1. Curriculum Vitae
  2. Foto ukuran 3 x 4
  3. Fotokopi KTP
  4. Daftar Riwayat Hidup
  5. Fotokopi Ijazah terakhir
  6. Fotokopi SKCK
  7. Fotokopi surat pengalaman kerja
  8. Sertifikat

Paragraf Penutup 

Cara menulis paragraf penutup surat lamaran yang baik itu cukup mudah. Akhiri surat lamaran Anda dengan ringkasan kekuatan Anda, tegaskan kembali minat Anda pada pekerjaan itu, dan yang paling penting, berikan ajakan bertindak untuk memberi insentif kepada pemberi kerja untuk menghubungi Anda.
Misalnya:
Demikianlah surat lamaran yang telah saya buat. Besar harapan saya untuk bisa untuk dapat bergabung dan menjadi bagian dari perusahaan. Saya berkomitmen akan bekerja dengan sebaik mungkin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Salam Penutup 

Di bagian salam penutup bisa di isi dengan kalimat Hormat Saya, kemudian dikuti tanda tangan tangan dan nama pelamar di pojok kanan surat. Contohnya:
Hormat saya,
(tanda tangan pelamar)
Ariel Dewinta Ayu Sekarini

Download Surat Lamaran Kerja Semua Profesi

Bagi Yang ingin mempunyai file Surat Lamaran Kerja bisa mengunduhnya di bawah ini dalam format MS Word atau PDF. Setelah mengunduhnya silahkan lakukan pengeditan untuk merubah nama, alamat, email, nomor ponsel sesuai kebutuhan Anda.
  1. Contoh Surat Lamaran Kerja Apotek
  2. Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit Bagian Administrasi
  3. Contoh Surat Lamaran Kerja JNE
  4. Contoh Surat Lamaran Kerja Kantor Pos
  5. Contoh Surat Lamaran Kerja di Klinik Kecantikan
  6. Contoh Surat Lamaran Kerja Bagian Administrasi
  7. Contoh Surat Lamaran Kerja di Mall
  8. Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Bahasa Inggris
  9. Contoh Surat Lamaran Kerja Sales
  10. Contoh Surat Lamaran Kerja Alfamart Crew Store
  11. Contoh Surat Lamaran Kerja Dinas
  12. Contoh Surat Lamaran Kerja di Sekolah Dasar
  13. Contoh Surat Lamaran Kerja PLN
  14. Contoh Surat Lamaran Kerja Kesehatan
  15. Contoh Surat Lamaran Kerja Bank BCA
  16. Contoh Surat Lamaran Kerja Biasa
  17. Contoh Surat Lamaran Kerja Apoteker
  18. Contoh Surat Lamaran Kerja Dinas Kesehatan
  19. Contoh Surat Lamaran Kerja Dari Koran
  20. Contoh Surat Lamaran Kerja Sopir Truk
  21. Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik Garmen
  22. Contoh Surat Lamaran di Kedai Kopi
  23. Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS Tulisan Tangan
  24. Contoh Surat Lamaran Kerja Puskesmas
  25. Contoh Surat Lamaran Kerja Guru TK
  26. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT PWI Jepara
  27. Contoh Surat Lamaran Kerja Pendamping Lokal Desa
  28. Contoh Surat Lamaran Kerja Instansi Pemerintah
  29. Contoh Surat Lamaran Kerja Kasir
  30. Contoh Surat Lamaran Kerja Salesman
  31. Contoh Surat Lamaran Kerja di Koperasi
  32. Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai Kaidah Bahasa Indonesia
  33. Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana
  34. Contoh Surat Lamaran Kerja Cleaning Service
  35. Contoh Surat Lamaran Kerja Menarik
  36. Contoh Surat Lamaran Kerja Dokter
  37. Contoh Surat Lamaran Kerja ke Bank
  38. Contoh Surat Lamaran Kerja Marketing
  39. Contoh Surat Lamaran Kerja Dosen
  40. Contoh Surat Lamaran Kerja Singkat Padat Jelas
  41. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Yang Simple Lulusan SMA
  42. Contoh Surat Lamaran Kerja Alfamidi
  43. Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Simple
  44. Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit Sebagai Perawat
  45. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT HWI Jepara
  46. Contoh Surat Lamaran Kerja di SPBU
  47. Contoh Surat Lamaran Kerja Kurir
  48. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank BNI
  49. Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Administrasi
  50. Contoh Surat Lamaran Kerja Karyawan Toko
  51. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan Tulis Tangan
  52. Contoh Surat Lamaran Kerja Tanpa Lowongan
  53. Contoh Surat Lamaran Kerja di Kantor Desa
  54. Contoh Surat Lamaran Kerja BUMN
  55. Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Guru
  56. Contoh Surat Lamaran Kerja ke Pabrik
  57. Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret Sebagai Crew Store
  58. Contoh Surat Lamaran Kerja di Klinik
  59. Contoh Surat Lamaran Kerja Akuntansi
  60. Contoh Surat Lamaran Kerja Berpengalaman
  61. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia Kelas 12
  62. Contoh Surat Lamaran Kerja Part Time
  63. Contoh Surat Lamaran Kerja SPG
  64. Contoh Surat Lamaran Kerja Sekretaris
  65. Contoh Surat Lamaran Kerja Honorer
  66. Contoh Surat Lamaran Kerja Desain Grafis
  67. Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Honorer
  68. Contoh Surat Lamaran Kerja di Restoran Sebagai Waiters
  69. Contoh Surat Lamaran Kerja yang Singkat
  70. Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Informasi Dari Media Sosial
  71. Contoh Surat Lamaran Kerja Tanpa Nama Perusahaan
  72. Contoh Surat Lamaran Kerja di Kantor
  73. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Simple Lulusan SMK
  74. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan Lulusan SMK
  75. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank Mandiri
  76. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan
  77. Contoh Surat Lamaran Kerja Tambang
  78. Contoh Surat Lamaran Kerja Ke Alfamart
  79. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Jasa Raharja
  80. Contoh Surat Lamaran Kerja di Pertamina
  81. Contoh Surat Lamaran Kerja di Mini Market
  82. Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko Swalayan
  83. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate SMA
  84. Contoh Surat Lamaran Kerja Tamatan SMA
  85. Contoh Surat Lamaran Kerja Operator Produksi
  86. Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan di Rumah Sakit
  87. Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko Roti
  88. Contoh Surat Lamaran Kerja yang Belum Berpengalaman
  89. Contoh Surat Lamaran Kerja Pramuniaga
  90. Contoh Surat Lamaran Kerja ke Hotel

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.