9 Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk Laptop & PC

Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk Laptop & PC
Merawat komputer bukan hanya dilakukan dari luar saja, tetapi juga dari dalam komputer itu sendiri. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menjaganya dari virus-virus yang bisa mempengaruhi kinerja prosesor.
Jika virus sudah masuk, ada saja masalahnya. Komputer jadi lemot, aplikasi error, folder tidak bisa dibuka hingga rusaknya sebuah file yang terinfeksi virus.
Virus komputer sendiri ada banyak sekali macamnya. Beberapa yang terkenal sangat berbahaya yaitu Trojan, Worm, Web Scripting, Multipartite, Memory Resident, FAT, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Tapi tenang saja, meski membahayakan virus-virus yang ada di dalam komputer bisa dibasmi. Salah satu caranya dengan menggunakan software antivirus. 

Rekomendasi Antivirus Terbaik Untuk Windows & MacOS

Seperti dilansir dari situs kangmasian, Dibawah ini merupakan rekomendasi Aplikasi Antivirus Terbaik untuk komputer, laptop, PC yang bisa Anda instal pada perangkat :

Avast

Avast Antivirus Logo
Antivirus Terbaik Untuk Laptop pertama yang dapat Anda coba adalah Avast. Software ini merupakan salah satu antivirus yang sudah sangat populer. Bukan hanya tersedia untuk PC saja, aplikasi ini juga tersedia untuk Mac dan IOS.
Avast dapat melindungi komputermu dari berbagai virus, ransomware, malware, dan berbagai ancaman lainnya. Software ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai anti malware gratis terbaik pada tahun 2020.
Salah satu fitur avast versi terbarunya adalah bisa memblokir iklan atau pop up. Fitur ini sangat membantu kalau kamu sering browsing atau internetan.

AVG

Avast Antivirus Logo
AVG sangat cocok dijadikan sebagai antivirus utama pada laptop atau komputer. AVG bisa memberikan perlindungan maksimal dari virus, spyware, dan malware. Bukan hanya itu saja, antivirus ini juga bisa memblok link, download, dan email yang tidak aman.
AVG selalu memberikan update keamanan pada laptop/komputer secara real time. Jadi, ketika ada virus baru yang masuk maka dalam waktu singkat bisa langsung terdeteksi. Dan kamu pun bisa langsung membasmi virus tersebut menggunakan Antivirus Terbaik Untuk PC satu ini.

Avira

Avira Antivirus Logo
Avira adalah antivirus yang khusus diperuntukkan sistem operasi windows. Antivirus ini dapat memblokir spyware, ransomware, malware, dan berbagai jenis virus berbahaya lainnya. Bukan hanya itu saja, pada software Avira juga terdapat fitur untuk meningkatkan kinerja komputer.
Tercatat antivirus ini sudah mampu memblokir 108 juta serangan malware, 570 ribu serangan phising, serta 170 juta serangan ransomware. Selain mendapatkan perlindungan virus, Antivirus Terbaik Untuk Komputer ini juga memberikan fitur gratis akses VPN, tune up, password manager, dan software updater kepada penggunanya.

Bitdefender

Bitdefender Antivirus Logo
Bitdefender merupakan antivirus yang sudah hadir sejak tahun 2001. Bitdefender mampu mendeteksi virus yang masuk secara realtime sehingga bisa lebih cepat ditangani. Spyware, Ransomware, dan virus seperti trojan pun mampu dibasmi dengan software Antivirus Terbaik Untuk Laptop yang satu ini.
Sayangnya, untuk versi gratis Bitfender hanya bisa digunakan pada satu perangkat saja. Berbeda dengan versi pro yang bisa digunakan di beberapa perangkat.

ZoneAlarm

ZoneAlarm Antivirus Logo
ZoneAlarm adalah antivirus yang hanya bisa digunakan pada laptop atau PC dengan sistem operasi windows. Antivirus ini hadir untuk mencegah serangan hacker yang bisa membahayakan komputer yang kamu miliki.
Selain bisa mencegah virus. antivirus satu ini juga dapat melindungi komputer dari serangan phising, unduhan berbahaya, serta situs yang berbahaya. 

Panda Security

Panda Security Antivirus Logo
Panda Security merupakan antivirus yang tidak hanya support untuk windows saja, tetapi juga bisa digunakan pada Mac dan juga android. Selain mendapatkan perlindungan virus, berbekal software Antivirus Terbaik Untuk Laptop ini kamu juga bisa mendapatkan gratis akses VPN dengan kapasitas limit 150 MB/hari.
Panda Security sebenarnya bisa diunduh secara gratis. Namun, terdapat batasan fitur yang hanya bisa digunakan oleh pengguna berbayar saja. Biaya langganannya sendiri adalah $60,99 per tahun.

Kaspersky Total Security

Kaspersky Total Security Antivirus Logo
Selanjutnya ada Kaspersky Total Security Antivirus, sebuah perangkat lunak antivirus dan keamanan yang dikembangkan di Rusia. Selain menjadi antivirus, software ini juga berfungsi sebagai pelindung laptop, PC atau notebook kamu dari hacker, malware, dan ancaman-ancaman lain yang membuat orang lain bisa mengambil alih perangkat tersebut.
Kaspersky Total Security juga memiliki fitur seperti 2 factor authentication, password manager, dan fitur proteksi tambahan lainnya.
Sama seperti Panda Security, Kaspersky Total Security juga bisa diunduh secara gratis. Namun terdapat biaya mulai dari 200 ribu hingga 3 juta rupiah untuk membuka seluruh fitur dalam software ini.

McAfee Total Protection

McAfee Total Protection Antivirus Logo
McAfee Total Protection merupakan antivirus yang paling cocok untuk orang-orang yang suka bertransaksi online di komputer dan menyimpan seluruh data pembayaran dan kartu kreditnya di internet. Sebab antivirus ini dikembangkan secara khusus untuk melindungi virus yang menyerang komputer dari internet.
Selain itu, McAfee juga bisa melindungi komputer dari serangan Ransomware, virus ini bisa mengunci seluruh data di dalam komputer, dan hanya bisa dibuka dengan memberikan sejumlah uang kepada orang yang membuat virus tersebut.

MalwareBytes Premium

MalwareBytes Premium Antivirus Logo
Dan yang terakhir adalah MalwareBytes Premium, perangkat lunak antivirus paling pintar dan paling cocok untuk kamu yang punya komputer berspesifikasi rendah. Karena MalwareBytes Premium ini hanya membutuhkan RAM dan memori yang sangat kecil.
Sesuai dengan namanya, software anitvirus ini berfokus pada pembasmian malware, yang mana kebanyakan masuk ke komputer melalui internet. Itulah mengapa, MalwareBytes akan melakukan scanning setiap kali ada file baru yang diunduh dalam komputer tersebut.
Biaya MalwareBytes Premium sendiri terbilang murah. Mulai dari 100 ribu hingga 1,5 juta Rupiah per tahun.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa pilihan antivirus terbaik untuk komputer yang bisa kamu gunakan, baik yang gratis maupun yang berbayar. Jika memang di dalam PC/Laptop terdapat data-data yang penting, Andronezia sangat menyarankan untuk berlangganan antivirus secara resmi walaupun yang harganya murah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *