Cara Cek Kode Ban Mobil dan Cara Membacanya, Penting agar Ban Tetap Awet dan Maknyos di Jalanan

andronezia.com – Cara Cek Kode Ban Mobil dan Cara Membacanya, Penting agar Ban Tetap Awet dan Maknyos di JalananĀ  – Ban merupakan bagian penting dari mobil dan bersentuhan dengan jalan agar mobil dapat bergerak.

Ban juga menjaga mobil tetap di tempatnya. Tidak merawat ban Anda meningkatkan risiko keselamatan Anda. Itulah mengapa lebih baik mengetahui lebih banyak tentang ban mobil dan perawatannya.

Cara paling mudah adalah mulai dengan membaca kode ban yang ada di dinding samping ban, misalnya 205/65/R15. Artinya lebar ban yang dipompa adalah 205 mm, diukur pada lebar maksimal bagian luar ban.

Untuk digunakan di sekitar rim 15. 65 adalah rasio normal, artinya kenaikan dari diameter dalam ban ke tapak adalah 65% dari 205 sebelumnya.

Ban rasio rendah lebih stabil dalam penanganan. Demi kenyamanan, recoil akan lebih keras dan jelas konsumsi bahan bakar akan lebih tinggi.

Ban juga memiliki kode yang berbeda, yang berkaitan dengan kecepatan maksimum yang diperbolehkan untuk suatu produk, yang biasanya diawali dengan huruf abjad. Untuk Q bisa digunakan hingga kecepatan maksimal 160 km/jam

S hingga 180 km/jam, T hingga 190 km/jam

U bisa mencapai 200 km/jam, H bisa mencapai 210 km/jam, untuk kecepatan maks V 240 km/jam, kecepatan maks W 270 km/jam,

Y untuk 300 km/jam dan Z terbaru dengan kecepatan tertinggi 340 km/jam.

Penanganan ban sangat sederhana, yaitu cukup menjaga tekanan udara pada masing-masing ban. Ini karena tekanan udara yang lebih rendah dapat menyebabkan ban meledak, menambah hambatan, dan menghabiskan bahan bakar yang terbuang percuma.

Sebaliknya, jika tekanan angin terlalu kuat, daya apung akan meningkat dan tendangan menjadi kaku. Kenyamanan mungkin berkurang. (**)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *